Selasa, 13 November 2007

RESENSI BUKU

Judul buku

:

Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan

Penulis buku

:

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto Cepi Safruddin Abdul Jabar

Tebal buku

:

152+xi halaman

Penerbit

:

Bumi Aksara, Jakarta

Buku yang ditulis Prof. Dr. Suharsimi Arikunto ini dapat dikatakan sangat bermanfaat dan dapat menjadi acuan para praktisi pendidikan dalam melakukan aktivitas pendidikan terrutama evaluasi program pendidikan. Dalam penulisan buku yang berisi 152 halaman ini, terdapat banyak referensi/literatur, yang dikemukakan para ahli dan pakar pendidikan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dalam buku ini juga diberikan gambar-gambar, diagram-diagram, ataupun grafik sebagai contoh penerapan materi buku ini, sehingga mempermudah para pembaca dalam memahami setiap penjelasan yang terkandung didalamnya.

Banyaknya referensi dari luar negeri yang otomatis berbahasa asing (bahasa Inggris), membuat didalam penulisan buku ini terdapat banyak kosakata berbahasa Inggris, namun penulis menyertakan terjemahannya, yang mungkin bertujuan untuk memberikan kemudahan pemahaman materi, bagi pembaca yang lemah berbahasa Inggris. Namun yang sedikit menjadi kelemahan dari buku ini adalah ketika kita ingin melakukan penelusuran referensi, sumber penulisan buku, kita akan terbentur permsalahan bahasa, karena buku ini sedikitnya menggunakan 7 (tujuh) buku berbahasa Inggris yang belum diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Diluar permasalahan bahasa tersebut, buku ini cukup mudah dibawa kemana-mana, karena ringan dan tidak terlampau besar, dan harganya terjangkau. Sangat cocok menjadi pegangan seorang praktisi pendidikan dalam melakukan evaluasi program pendidikan mereka.

Tidak ada komentar: